nusakini.com - Dalam menjalankan tugas dan pekerjaan, setiap orang pasti ingin meraih sukses, salah satu kunci yang banyak tidak disadari ternyata adalah kemampuan bekerjasama. Demikian poin penting arahan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan), BPPSDMP, Kementerian Pertanian, Bustanul Arifin Caya di depan forum Temu Profesi dan Training of Facilitator yang diselenggarakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Ikatan Widyaiswara Kementerian Pertanian di Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Bandar Lampung, (Jumat, 27/09/2019).

Forum ini merupakan acara pertemuan rutin Widyaiswara Pertanian se-Indonesia untuk membahas berbagai persoalan penting menyangkut profesi Widyaiswara Pertanian. Dalam kesempatan tersebut Kepala Puslatan menekankan pentingnya Widyaiswara berperan aktif untuk mendukung visi Kementerian Pertanian mewujudkan kedaulatan pangan, kesejahteraan petani, dan menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045. Peran aktif dalam proses pelatihan merupakan tugas utama seorang Widyaiswara guna mewujudkan penyuluh pertanian dan petani yang profesional, mandiri dan berorientasi wirausaha.

Tugas Widyaiswara Pertanian tersebut adalah tugas mulia, bahkan double mulia. Pertama, Widyaiswara Pertanian dapat mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi, dan motivasi kepada peserta pelatihan untuk sukses berusaha tani. Tugas kedua, Widyaiswara Pertanian menjadi pengungkit agar SDM pertanian meningkatkan produksi pangan bagi rakyat Indonesia, tegas Kepala Puslatan pada saat memberikan motivasi kepada para Widyaiswara Pertanian yang hadir dari berbagai UPT Pelatihan Pertanian lingkup BPPSDMP maupun dari UPT Pelatihan Pertanian dibawah pemerintah Provinsi (Aceh dan Papua). Untuk mensukseskan dalam melaksanakan tugas mulia tersebut Kepala Puslatan menegaskan agar para Widyaiswara bisa menjalaninya dengan ikhlas. Dengan keikhlasan tugas seberat apapun akan terasa ringan, enjoy. Sebagai pemungkas dalam pengarahannya, Kapuslatan meminta Widyaiswara untuk bekerjasama dan membangun jejaring kerjasama (network) dengan siapapun untuk meraih kesuksesan, ungkapnya. (Romi)